Sabtu, 29 Mei 2010

Prinsip Pengembangan Kurikulum

1. Prinsip-Prinsip Dasar
Dalam usaha kita mengembangkan kurikulum, ada beberapa prinsip dasar yang harus kita perhatikan agar kurikulum yang kita hasilkan nanti betul-betul sesuai dengan apa yang kita harapkan oleh semua pihak yaitu, sekolah itu sendiri, murid beserta orang tua, masyarakat, dan pemerintahan.
Prinsip dasar yang utama yang harus diperhatikan yaitu:
a. Prinsip Relevansi
Secara umum, istilah relevansi pendidikan dapat diartikan sebagai kesesuaian atau keserasian pendidikan dengan tuntutan kehidupan. Dengan kata lain, pendidikan dipandang relevan bila hasil yang diperoleh dari pendidikan tersebut berguna atau fungsional bagi kehidupan.
Masalah relevansi pendidikan dengan kehidupan dapat kita tinjau sekurang-kurangnya dari tiga segi:
• Relevansi pendidikan dengan lingkungan hidup murid
• Relevansi dengan perkembangan kehidupan masa sekarang dan masa yang akan datang
• Relevansi dengan tuntutan dalam dunia pekerjaan
b. Prinsip Efektifitas
Efektifitas dalam suatu kegiatan berkenaan dengan sejauh mana apa yang direncanakan atau dapat diinginkan dapat terlaksana atau tercapai. Di dalam bidang pendidikan, efektifitas ini dapat kita tinjau dari dua segi, yaitu:
• Efektifitas mengajar guru
• Efektifitas belajar murid
c. Prinsip Efisiensi
Efisiensi suatu usaha pada dasarnya merupakan perbandingan antara hasil yang dicapai (output) dan usaha yang telah dikeluarkan (input). Bila hasil yang kita capai nilainya Rp 800,- sedangkan usaha yang kita keluarkan bernilai Rp 1.000,- maka usaha kita tersebut tidak efisien.
Dalam dunia pendidikan, tentu saja sukar bagi kita untuk membandingkan nilai hasil dan usaha dengan cara seperti yang dipaparkan di atas. Sekalipun demikian, dalam pengembangan kurikulum dan pendidikan pada umumnya, prinsip efisiensi ini perlu kita perhatikan, baik dari efisiensi waktu, tenaga, peralatan yang tentunya akan menghasilkan efisiensi dan segi biaya.
d. Prinsip Kesinambungan (Kontinuitas)
Dengan kontinuitas disini dimaksudkan adalah saling berhubungan antara berbagai tingkat dan jenis program pendidikan.
a) Kesinambungan antara berbagai tingkat sekolah
b) Kesinambungan antara berbagai bidang studi
e. Prinsip Fleksibilitas
Fleksibilitas disini maksudnya tidak kaku, artinya ada semacam ruang gerak yang memberikan sedikit kebebasan di dalam bertindak. Di dalam kurikulum, fleksibilitas disini mencakup fleksibilitas murid di dalam memilih program pendidikan dan fleksibilitas bagi guru dalam pengembangan program pengajaran.

0 komentar:


Cari Blog Ini

My Area | Template by - Abdul Munir - 2008 - layout4all